Saturday, May 12, 2007

Kekuatan Ekonomi Cina

Untuk mencapai "bintang"ku saat ini saya juga bekerja part-time dengan sebuah perusahaan internasional dari Cina. Perusahaan ini sangat mengagumkan. Dalam kurun waktu 12 tahun sudah punya kantor cabang di hampir 200 negara. (Sebenarnya berapa sih jumlah negara di bumi ini???). Saya tertarik dengan perusahaan ini karena konsep investasinya di hypermarket yang didirikannya.
Kenapa kok suka perusahaan asing? Kok ngga yang Indonesia aja? Karena kalau asing, duitnya gede. Lagi pula ngga usah sok nasionalis lah. Di Indonesia korupsi kan sudah dimaklumi, sudah jadi kebudayaan. Sering orang mengatakan, aku cinta indonesia. Saya juga cinta. Masalahnya perkataan itu sering kali digunakan untuk memanfaatkan orang lain. Setelah orang dibuat fanatik, maka kemudian diperas, atau dikasih produk yang sudah dikurangi takarannya, khasiatnya, kualitasnya.
Jepang di saat penjajahan dulu (katanya nenek moyang kita dalam buku-buku sejarah) menanamkan slogan, "Jepang saudara tua." Maksudnya apa? Setelah yang dijajah terbuai slogan itu, maka saatnyalah memeras. kalau diprotes, kan kita masih saudara??
Atau si negara tetangga (ngga usah disebut lah namanya, semua dah pada tahu), selalu bilang, "kita saudara serumpun." Tapi setelah itu? Pulau-pulau dicaplok, Hutan-hutan digunduli oleh perusahaan-perusahaan kayunya atau cukong-cukongnya, garis perbatasan dimakan, gadis-gadis Indo dijadikan perdagangan di negaranya, TKI dipukuli dlsb. Bahkan ada perusahaan2 dari sono dalam rangka menjajakan produknya di sini mengatakan, "Pakailah produk kita. Kita sesama Muslim." Nah loh. Agama juga dibawa-bawa. Wah kalau negara satu itu belum memperbaiki tabiatnya, nampaknya kita sulit percaya dengan isu saudara dan isu semuslimnya itu.
Kalau asing kenapa kok yang dipilih Cina? Bukan yang lain? Ya karena kekuatan ekonominya yang terus tumbuh dengan cepat dan mengagumkan dan kebijakan anti korupnya yang layak ditiru Indonesia
Berikut ini salah satu beritanya.

CHINA AKAN MENJADI PEDAGANG TERBESAR KEDUA DUNIA

Beijing, CyberNews. China tahun ini diprediksi akan menggeser Jerman menjadi negara pedagang terbesar kedua di dunia, dengan perdagangan internasionalnya mencapai 2,1 triliun dolar AS dan bahkan akan menggeser Amerika Serikat sebagai pedagang terbesar di dunia, pada akhir dekade mendatang.
"China mampu menjaga rata-rata pertumbuhan perdagangan internasionalnya lebih dari 20 persen selama kuartal pertama 2007 dan momentum itu sepertinya bisa terus dijaga hingga akhir tahun ini," kata Li Yushi, Wakil Presiden Institut Penelitian Perdagangan Internasional dan Kerjasama Ekonomi yang berada di bawah Kementerian Perdagangan, seperti dikutip China Daily, di Beijing, Senin (30/4).
Perdagangan internasional China dalam tiga bulan pertama mencapai 457,7 miliar dolar AS naik 23,3 persen dalam tahun ke tahun (Y to Y). Dalam periode itu, ekspor mencapai 252,1 miliar dolar AS naik 27,8 persen, sementara impor senilai 205,7 miliar dolar AS naik 18,2 persen.
Kementrian Perdagangan memproyeksikan perdagangan internasional China akan tumbuh 10 persen per tahun antara tahun 2006 hingga 2010, sementara Institut Li memprediksikan pertumbuhannya akan mencapai 12 hingga 15 persen. "Berdasarkan prediksi tersebut, kita dapat mengatakan bahwa China akan mengambilalih Amerika Serikat sebagai pedagang terbesar di dunia pada tahun 2010," kata Li.
China memulai menurunkan sejumlah pajak ekspor untuk sejumlah produk tertentu pada akhir September lalu dan menjadikan neraca perdagangan alami surplus. "Pemerintah juga meningkatkan berbagai kebijakan yang bertujuan memperluas impor untuk sejumlah perusahaan lokal terutama impor sejumlah perlengkapan dan teknologi," katanya.
Meningkatnya ekspor China selama 2006 dikembangkan oleh adanya surplus perdagangan yang mencapai rekor 178 miliar dolar AS, naik 74 persen dibanding rekor sebelumnya sebesar 102 miliar dolar pada tahun 2005.
Surplus perdagangan China untuk dua bulan pertama tahun ini mencapai 39,6 miliar dolar AS. Tetapi pada Maret 2007, surplus perdagangannya turun menjadi 6,87 miliar dolar AS.( ant/cn05 )

Sumber asli: http://www.suaramerdeka.com/cybernews/harian/0704/30/nas10.htm

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template