Friday, May 11, 2007

Diabetes Merusak Sperma Pria

Berita ini saya dapatkan dari yahoo News yang mengambil dari Reuters. Penelitian baru. Jadi bagi yang sudah berumah tangga, jangan mesti salahkan yang wanita jika ngga punya anak. Teliti dulu si suami apakah punya diabetes apa engga.

DIABETES BISA MENJADI SEBAB RUSAKNYA SPERMA PRIA: STUDI

Rabu 2 Mei 07
CHICAGO (REUTERS) -
Diabetes bisa merusak sperma pria, yang dapat mempengaruhi kesuburannya. Demikian yang dikatakan oleh para peneliti dari Inggris hari rabu.

Dalam salah satu rangkaian penelitian untuk membandingkan DNA dalam sperma antara para laki-laki yang mengidap diabetes dengan yang tidak, para peneliti menemukan adanya lebih banyak kerusakan DNA di dalam sel sperma lelaki yang mengidap diabetes -- yang kemungkinan bisa mengurangi kesuburan.

Para peneliti dari universitas Queen di Belfast, Irlandia Utara, meneliti sperma 27 orang pengidap diabetes tipe 1 dengan umur rata-rata 34 tahun, dan membandingkannya dengan sperma 29 orang bukan pengidap diabetes dengan umur yang sama.

Mereka mendapatkan bahwa semua sisi sperma, baik konsentrasinya, output, bentuk, struktur dan kemampuan untuk untuk bergerak nampak normal, walaupun volume jumlah sperma pada penderita diabetes lebih sedikit.

Tetapi di saat mereka meneliti DNA-nya, mereka mendapatkan bahwa sperma pria penderita diabetes lebih banyak mengalami kerusakan.

Kerusakan sperma bisa melemahkan kesuburan pria dan telah menjadi penyebab dalam sejarah pasangan yang menggugurkan kandungan, demikian mereka menuliskannya dalam Journal Reproduksi manusia.

Para peneliti merekrut sukarelawan dari sebuah pusat endocrinology di Belfast dan di antara pria yang ingin kesuburannya diteliti.

Diabetes tipe 1 terjadi di saat tubuh secara keliru merusak sel-sel dalam pankreas yang memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 biasanya dikaitkan dengan kegemukan (obesitas), diet yang keliru dan kurangnya olahraga.

Sementara itu bagi sukarelawan yang bukan penderita diabetes, dikarenakan mereka direkrut dari orang-orang yang ingin mempertanyakan kesuburannya, para peneliti mengatakan bahwa mereka pun mengalami lebih banyak kerusakan pada sperma mereka daripada laki-laki umumnya.

"Perbedaan yang menyolok di antara sukarelawan penderita diabetes dengan yang bukan, akan lebih menyolok lagi apabila dibandingkan dengan populasi subur yang tidak ada masalah apapun," demikian mereka menuliskan.

Para peneliti mengatakan bahwa penelitian ini masih awal dan riset lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui bagaimana diabetes bisa merusak sperma dan maksudnya apa.

Penelitian ini mungkin akan segera mendapatkan perhatian dikarenakan meningkatkan penderita diabetes secara umum, demikian para peneliti tersebut mengatakan.


Sumber asli: http://news.yahoo.com/s/nm/20070502/hl_nm/diabetes_sperm_dc

0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template